Sabtu, 09 Januari 2010

APLIKASI E_TICKETING PADA AIR ASIA DAN GARUDA INDONESIA

APLIKASI E-TICKETING

3.1 Implementasi E-ticketing di maskapai Garuda Indonesia
Garuda Indonesia sudah mulai meninggalkan penggunaan tiket cetak. Dengan layanan e-Travel, semua menjadi mudah dan efisien. Garuda telah mengalihkan sistempembelian tiket secara konvensional. Artinya, setiap pemesan tidak diperlukan lagi secara fisik datang ke kantor Garuda atau biro- biro perjalanan untuk sekadar memesan fisik.
Untuk diketahui, di dalam e-Travel terdapat fasilitas easy booking, e-payment, e- ticketing, easy check in, dan enjoy flying. Easy booking adalah proses reservasi dan transaksi penerbangan yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan menghubungi Garuda Indonesia Call Center.
E-payment ialah pembayaran tiket secara lebih mudah dan cepat melalui beragam fasilitas online payment, termasuk kartu kredit, ATM, phone banking, mobile banking, dan internet banking. Setelah mendapatkan konfirmasi pembukuan dari call center, pemesan akan mendapatkan kode booking dan 13 digit kode pembayaran.
Untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, pemesan cukup memasukkan 16 digit nomor kartu kredit dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh mesin transaksi pada Garuda Indonesia Call Center selama 24 jam. Pemesan juga bisa membayar melalui ATM dan fasilitas pembayaran perbankan lainnya.

3.2 Cara pembayaran online tiket maskapai garuda Indonesia
1. Pembayaran Online dengan cara:
Kartu kredit dan debit, dengan menghubungi Garuda Call Center(0804-1-807-807 atau 021-2351-9999).
Online Banking(Klik BCA dan Mndiri.com)
Internet Banking (BCA, Mandiri, Niaga, Ekonomi)
Phone Banking (BCA, BNI, Mandiri, Lippo, Permata)
SMS Banking(BCA, Mandiri, Permata)
ATM(BCA, Mandiri, BNI, Lippo, Niaga, Permata, Ekonomi, BII)
2. Pembayaran Tunai
Pembayaran tunai & pengambilan tiket dapat dilakukan pada Kantor Penjualan tiket Garuda Indonesia.

3.3 Cara Online booking garuda Indonesia
1. pertama, pelanggan dapat memesan melalui Garuda Call Center dimana pelanggan akan mendapatkan kode booking dan kode pembayaran;
2. selanjutnya, konsumen dapat membayar melalui channel bank terdekat;
3. terakhir, konsumen dapat memperoleh tiket melalui pertukaran slip pembayaran bersamaan dengan kode pemesanan dan kartu pengenal pada
Kantor Penjualan Garuda Indonesia.
Pembayaran tiket dapat dilakukan melalui beberapa bank, antara lain:
No Nama Bank ATM Phone Banking Internet Banking Mobile Banking EDC
1. Bank Mandiri * * * *
2. Bank BCA * * * *
3. Bank BNI * * *
4. Bank Lippo * *
5. Bank Niaga *
6. Bank Permata * * * *
7. Bank Ekonomi *
8. Bank Bukopin *
9. Bank BII *
10. Bank BRI *

Pengguna Bank Permata dan setiap pengguna kartu debet dengan ATM bersama, ALTO dan Prima/BCA logo dapat melakukan transaksi via ATM Bank Permata. Pembayaran tiket Garuda juga dapat dilakukan dengan VIS-tipe kartu kredit dan Master Card pada Garuda Indonesia Call Center.

Ketika pembayaran selesai, penumpang dapat melakukan penukaran tiket, dengan cara :
1. Penukaran tiket dapat dilakukan di airport dua jam paling lambat sebelum keberangkatan pada:
* Penjualan dan Ticketing Counter
* E-Travel Counter (untuk penumpang tanpa bagasi)
2. Penukaran tiket bisa dilakukan diseluruh Kantor Penjualan Garuda
Indonesia, paling lambat empat jam sebelum keberangkatan

3.4 Online check in
Step 1:





















Step 2:



3.5 Contoh e-ticket Garuda Indonesia yang dikirim via Email
Ini adalah contoh e-tiket Garuda Indonesia yang akan dikirim via email:




















3.6 Implementasi E-Ticketing di maskapai air asia

E-ticketing (pemesanan tiket secara online) memberikan solusi terhadap masalah Dominasi pengguna pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat yang ada. Pada akhirnya akan menyebabkan kepadatan penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport) oleh karena itu PT Air Asia yang selalu berusaha secara terus menerus mencari cara untuk melayani lebih baik dan memberikan penghematan kepada pelanggannya maka Air Asia menerapkan E-ticketing.
PT. Air asia sebagai maskapai pertama yang memperkenalkan layanan E-ticketing di Asia, Air Asia menawarkan cara baru yang nyaman dalam membeli kursi Air asia melalui website www.airasia.com dimana penumpang tidak perlu telpon dan tidak perlu antri. Adapun keuntungan yang diperoleh Air Asia diantaranya : mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan mailing tiket, mengurangi biaya pembayaran tenaga kerja, dan lain-lain. Sedangkan bagi pelanggan yaitu : penumpang terhindar dari void tiket, penumpang dapat memperoleh tiket dengan mudah tanpa antri, dan lain-lain. Oleh karena itu E-ticketing jauh lebih efektif dan efisien untuk diterapkan dibandingkan dengan cara konvensional.
Langkah-langkah Pemesanan tiket melalui E-ticketing sebagai maskapai pertama yang memperkenalkan layanan ini di Asia, AirAsia menawarkan cara baru yang nyaman dalam membeli kursi AirAsia melalui www.airasia.com

3.7 Cara melakukan E-ticketing Air Asia
1. Buka website Air Asia dan pilih negara serta bahasa Indonesia :


2. Step 1, Pilih bagian Book / Penerbangan, kemudian isi data :





Pilih pulang pergi atau sekali jalan
• Berangkat : dengan kota asal/keberangkatan
Tiba : dengan kota tujuan
• Pilih tanggal untuk keberangkatan dan tanggal kembali jika untuk pulang (PP).
• Isi jumlah penumpang dewasa
Bayi : jumlah penumbang bayi (dibawah 2 tahun).
• Klik tombol Cari

3. Step 2 , Setelah tekan tombol Cari maka akan tampil hasil penerbangan yang anda cari. Dalam contoh yang kami paparkan tampak ada 3 penerbangan untuk tanggal 20 - 22 Mei 2008 beserta class yang ada dan harga tiketnya. Kita pilih jam penerbangan yang sesuai dengan kita dengan klik Tamu/Penumpang. Langkah berikutnya klik Lanjutkan.



4. Step 3 , Kita disuruh mengisi informasi data penumpang


5. Step 4 , Kita disuruh mengisi biodata lengkap mulai dari nama, alamat dsb.



6. Step 5 , System pembayaran tiket, kita bisa pilih melalui Kartu Kredit atau
bank langsung (Bank Mandiri). Untuk kode booking sudah tertampil
disebelahnya



3.8 Perbandingan E-ticketing di maskapai garuda dan airasia


Naik Garuda Indonesia adalah sebuah kemewahan tersendiri, di tengah merajalelanya penerbangan murah, naik Garuda itu ibarat naik Taxi Blue Bird di jakarta Yang paling membedakannya dengan maskapai domestik lain tentu saja adalah terminal 2F di Bandara Cengkareng karena banyak toko, cafe dan Executive Lounge nya. Perbedaan lainnya tentu saja adalah fasilitas snack dan minuman yang boleh milih ketika terbang, kalau terbangnya agak jauh kita akan dapat makan berat.
Langkah-langkah E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sebagai seorang mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda. Menelepon Call Center Garuda Indonesia dapat anda hubungi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, menjadi cara termudah dan paling praktis yang dapat dilakukan.
Langkah berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat melakukannya melalui ATM, serta credit card. Call Center bersistem IVR yang menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit card. Terjamin semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di seluruh kantor penjualan Garuda INdonesia, termasuk di airport.
E-Ticketing sebagai kemudahan bagi para konsumen. Hilangkan yang tak perlu, E-Ticketing akan membuat perjalanan anda dengan Garuda Indonesia ke seluruh Nusantara akan semakin menyenangkan.



Perjalanan dengan transportasi udara melalui (bandara) pada saat ini sudah bukan barang mewah lagi. Dengan bertambahnya maskapai penerbangan maka harga tiket pesawat udara semakin kompetitip. Setiap airlines akan berusaha mencari penumpang sebanyak-banyaknya dengan berbagai (cara dan strategi). Salah satu pelayanan airline kepada penumpang adalah diberikannya kemudahan didalam mencari tiket pesawat terbang booking secara online melalui internet. dengan cara (booking secara online di internet)
Pada kesempatan ini untuk membantu permintaan booking tiket pesawat, kami sekali lagi akan membantu dengan cara membuat step by step untuk bisa melakukan booking tiket pesawat secara online pada maskapai penerbangan Air Asia. untuk selanjutnya anda bisa melakukan sendiri tanpa bantuan kami lagi. Tapi salah satu kekurangan Air Asia menurut adalah tiketnya yang tidak bernomor kursi, jadi akan membingungkan penumpang ketika sampai di dalam pesawat. Karena dia bingung harus duduk dimana.

3 komentar:

  1. Info bgus..Air asia boking online via Bank langsung(Bank MANDIRI) brarti transaksi bsa dlakukan melalui ATM MANDIRI ya..?thx's ats pnjlsanya..

    BalasHapus
  2. adakah promo/discoun khusus tentang tiket psawat dengan nasabah bank tertentu????

    BalasHapus
  3. kalo booking tiket garuda melalui internet secara individu tetapi tidak memiliki kartu kredit apakah bisa memakai fasilitas internet bank bca atau bank mandiri???

    BalasHapus