Sabtu, 31 Oktober 2009

SIM

PENGERTIAN SIM:
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Sistem Informasi Manajemen (SIM), adalah sistem pengolahan data untuk menjadi informasi dengan menggunakan manusia dan komputer

FUNGSI SIM:
Fungsi manajemen meliputi :
1. Perencanaan
2. Pembuatan keputusan
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengontrolan
6. dan penyempurnaan
Dari sekian banyak fungsi manajemen yang erat kaitannya dengan SIM adalah fungsi pembuatan keputusan.
Pembuatan keputusan adalah aktivitas manajemen berupa pemilihan dari berbagai alternative tindakan yang mungkin dipilih yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan keputusan yang terbaik. Tipe keputusan yang dihasilkan oleh manajer dikategorikan menjadi 3 yaitu terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur. Sedangkan level manajemen sendiri dikelompokkan menjadi 3 level :
1. Puncak
2. Menengah
3. dan bawah.

KOMPONEN SIM:
1. Perangkat keras computer
Hardware: Perangkat keras bagi suatu sistem informasi
atas komputer

2. Perangkat lunak
1. Perangkat lunak system umum
2. Perangkat lunak terapan umum
3. Program Aplikasi

3. Database (data yang tersimpan dalam media penyimpanan computer)

4. Prosedur
Prosedur/ Pedoman Prosedur merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti:buku panduan dan instruksi.
jenis prosedur yg dibutuhkan : instruksi untuk pemakai instruksi untuk penyiapan masukan instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer

5. Petugas pengoperasian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar